Angelica Chrestella







Posted on: Sunday, September 18, 2016 @ 12:46 AM | 0 comment(s)
5 DAYS Backpacker Jogja - Bali Low Budget versi Ciwi Ciwi Ranselan

ALOHA

Kali ini aku pengen ngebahas sesuatu yang berbeda, bukan tentang kuliah, bukan tentang skripsi dan segala macam kaitannya. Aku pengen ngebahas tentang pengalaman aku jalan-jalan ke BALI. Yes, finally kesampaian juga. Pokoknya feeling blessed banget. Kali ini aku cuma berdua doang sama temen aku yang ga mau disebutin namanya, so sebut saja doi Mbok. Perjalanan kali ini cukup menantang karena kami berangkat dengan modal nekat dan budget pas-pasan. Karena dari kemarin banyak banget yang nanya, jadi aku bikin rincian se rinci-rincinya. Yaa siapa tau ngebantu...
Okaaai?

Seminggu sebelum berangkat...

Aku sama mbok masih rutin-rutinnya bawa tour, perasaan mulai jenuh dan pada akhirnya munculah pemikiran, "Yuk Bali?" Dan si mbok pun menjawab, "Yuk"
Sudah sesimple itu saja.

H-3

Aku ngebawa tour culinary lalu ngobrol banyak sama tamu-tamu ku, lalu tiba-tiba pengen ikutan mereka kebali. Pas mereka nanya, kamu ke Bali nya kapan? Aku langsung aja jawab, minggu ini. Terus kami tukeran kontak biar bisa main bareng nantinya.
Malemnya aku langsung nge chat Mbok, dan si mbok lagi-lagi cuma ayuk ayuk aja.

H-1
Bela-belain pesen tiket di tiket.com biar dapat diskonan 20.000 . Dikiranya 20.000 itu potongan di tiap tiket dan ngarepnya bakal dapat diskon 20.000 x 4 = 80.000 eh ga taunya itu diskon gabungan. Belum lagi di potong biaya servis di tiket.com jadi paling diskonya cuma jadi 4.000 doang haha.
Belum lagi sistemnya yang suka banget error, sampe mesti masukin data puluhan kali. Akibatnya aku sampai hapal nomor hape sama nomor ktp temenku.

Persiapan aku cukup sederhana karena cuma bermodal ransel kecil. Cuma bawa daleman, baju 4, celana pendek 1, rok 1, alat mandi, handuk, make up, dan juga catokan haha.

D-Day (19 Agustus 2016)
Kereta berangkat jam 7.15 jadi kami memutuskan untuk berangkat dari kos jam 6an. Sampai di stasiun kami langsung menitipkan motor di penginapan motor lalu langsung mencari bekal untuk nanti di kereta. Awalnya pengen beli 2 bekal karena takut nanti ga cukup, tapi setelah dipikir-pikir lagi kayaknya cukup deh kalau satu doang. Aku nge bungkus nasi sama telor sama oseng tempe harganya 10.000. Lumatan mahal sih. Tapi enak kok.

Aku sendiri jujur sangat excited. Ini pertama kalinya aku naik kereta jauh coy, EMPAT BELAS JAM. Woo-hoo! Aku khawatir juga sih bakal krik-krik gimana gitu, But Thank God aku memilih partner yang tepat. Sepanjang kereta sama sekali ga bosen. Palingan agak sedikit capek. Ngobrol, dengerin musik, istirahat bentar, mamam snack, mainan uno sampai akhirnya pengecekan tiket. Bapak berseragam hitam pun ngeliatin sambil nanya, "Itu apa?"
Aku jawab aja iseng, "UNO pak, sini main." Si bapak pun menjawab,"Gatau saya cara mainnya."
"Alahhh gampang, nanti tak ajarin pak." Dan si bapak pun berlalu.. (pada akhirnya si bapak dateng lagi terus ngobrol2 deh sama kami)
Singkat cerita tiba-tiba ada dua bule yang pindah duduk ke kursi sebelah lorong kami. Sebenernya di sebelah kami itu ada satu mas mas, terus di suruh pindah sama tuh bule. Terus samar-sama aku denger mas bulenya ngomong yang intinya, "mereka tuh ga bakal nolak kok."
Aku langsung natap temenku, lalu ngeguman rada nyaring, "SHIT."

Perjalanan pun berlanjut, karena bosan, aku pun mulai ngusil orang-orang di luar jendela, pas sampe daerah seputaran sidoarjo, aku nge dadah dadahin ibu di motor, eh di dadah balik dong.
Temenku bilang, "Njel biasa yang ngedadah itu orang di luar kereta, lah ini kok orang di dalem keretanya"

Setelah sampai di probolinggo, gerbong kereta jadi penuh dengan bule-bule yang baru aja selesai nge-bromo. Intinya sumpek dan mood yang awalnya 10 jadi sisa -2.
Singkat cerita lagi, aku dan temenku jadi temenan sama si bule ngeselin tadi, malah pas sampe di karangasem, dinner bareng. Hadeh.

Jadi setelah sampai di stasiun karangasem, aku sama temenku langsung jalan sekitar 1 menit ke rumah singgah pak rahmad. Ramah banget. Cozy juga. Dan bayarnya seikhlasnya. WOW.


Pas di Feri. Muka belum mandi.

Eh aku baru sadar, kalau aku ngepos foto berarti kamu juga ke ekspos dong wik -,-







Yaudah gapapa deh ya. Tep cantik kok.


Tadinya ga mau disebutin namanya, tapi setelah post ini muncul mungkin dia berubah pikiran. Temenku ini namanya wiwik similikiti.

Filternya luar biasa. Thanks xiaomi.

Menjelang sunset dikereta,

Bagi aku ngebawa buku coretan itu penting banget.


Serasa kamar kos dong, nempel2 seenak jidat


Oh ya ini foto bonus mas bulenya, namanya Frank dan juga ada pantat mas Jeffrey.


D+1 (20 Agustus 2016)
Nyewa motor dan siap berangkat ke ketapang buat nyebrang ke bali. Sempet nyasar sampe desa desa plosok. Perjalanan dari gilimanuk ke denpasar kurang lebih 3 jam sih. Jalanannya bagus cuma banyak truk dan mobil2. Jadi yang motoran kudu hati-hati ya.
Sempet istirahat untuk makan siang bentar di deket pantai soka. Lalu lanjut deh,
Sampe di denpasar sekitar pukul 2 WITA. Di Bali ini aku dan temenku nginep dirumah Dita. Dita dan keluarga baik banget, padahal sekeluarga lagi sibuk ngurusin acara memukur.
Setelah mandi, kami lanjut ke nusa dua, Tapi cuma bentar doang dan akhirnya lanjut ke kuta. Di kuta ramai banget. Buset dah. Setelah sunset, kami bingung mau makan apa dan akhirnya malah masuk ke KFC. Duh dek. Setelah itu, kami masuk ke bar untuk duduk duduk nenangin pikiran. Dan setelah itu balik deh.



Nusa Dua (1)


Nusa Dua (2)


Nusa Dua (3)




Kuta (1)


Kuta (2)


Kuta (3)




D+2 (21 Agustus 2016)

Udah numpang di rumah orang, bangun telat lagi. Terus udah disiapin sarapan sama ibuk lagi. Duh ga tau diri banget dah... Hari ini aku dan temenku bakal ikutan acara memukur. Mamukur merupakan kelanjutan dari upacara ngaben sbg bentuk penyucian atma (roh) fase kedua. Mamukur berasal dari kata bhukur, bhu=alam dan ur=atas. Jadi mamakur adalah penyucian atma agar terlepas dari badan halusnya (suksma sarira) berupa sifat-sifat manusia dan keinginan2nya sehingga bisa menyatu dgn Sang Pencipta menjadi dewa pitara (roh suci).
Seneng deh bisa dapat kesempatan ngiliat acara adat kayak gini. Dan ternyata kami memecahkan mitos bahwa orang bali itu cantik cantik dan cakep cakep. Itu bukan mitos. Kenyataan.







Ini dia temenku yang namanya Dita.


Setelah dari acara memukur, aku dan temenku balik deluan, untuk mengunjungi temennya temenku.


Ulan - Aku - Wiwik

Setelah makan siang, aku dan temenku lanjut ke daerah uluwatu untuk ke pantai blue point.




Abis dari blue point, lanjut ke jimbaran.


Sunsetnya juara!

Setelah dari jimbaran, kami makan di babi guling chandra dan ke kuta lagi haha.

D+3 (22 Agustus 2016)
Pulang pulang pulang. Sedih rasanya harus meninggalkan bali dengan cepat. Ga cukup. Iya emang ga cukup, Tapi ya mau gimana lagi. Kepaksa waktu. Sebelum pulang, aku sama temenku sempat belanja di Erlangga. Kami panik karena harganya murah-murah. Rencana awal ga mau jajan, eh kebobolan.

Akhirnya jam 2 WITA kami berangkat dari denpasar ke gilimanuk.


Pemandangan sepanjang jalan




Nah ini dia, dari gilimanuk ke ketapang rada ribet, mesti isi form kayak gini an. 






Sampai di gilimanuk udah gelap, malam banget. Nyewa kamar lagi dan ibu nya baik banget dong. Pas aku ngomong aku mau keluar beli makan, ibunya bilang, "ga boleh, makan di sini aja nduk, ibu kasih gratis, tapi lauk seadaanya ya."
Eh buset, siapa juga yang mau nolak kalau udah dipaksa gini, Hehehe..Akhirnya makan malam kami pun di sponsori oleh ibuk.




Paginya langsung berangkat balik ke jogja. Keretanya lapang banget bro.





Black coffee yang manisnya ngalahin senyum raisa


Dan temen gue di bribik sama mas bule bertetek hahaha. Cerita lebih lanjut bisa hubungi saya via line.



--------------------------------------------------------------------------------------------------

Oke sekarang sampai juga ke tahap yang ditunggu-tunggu, yaitu perhitungan biaya. Sorry kalau aku cerita nya ga detail, udah kehilangan mood buat nulis, kelamaan di tunda sih haha.

Jadi aku sama temenku punya uang share cost masing2 orang 250.000 untuk memudahkan pengeluaran yang barengan misalnya motor, nginep, bensin, parkir, dll. Tapi itu tergantung kalian sih enaknya gimana.

Ini pengeluaran pribadi di luar share cost 250.000 :

1. Tiket PP 185.000 ( tiket.com)
2. Bekal dari lempuyangan 10.000
3. Makan di kereta 27.000
4. Makan malam (soto) 13.000
5. Makan di perjalanan ke denpasar 13.000
6. Makan di KFC 31.000
7. Beli kain bali 25.000
8. Jajan di bar 69.000
9. Makan di babi guling chandra 52.000
10. Bir 20.000
11. Oleh-oleh 165.000
12. Bekal di kereta 11.000
13. Kopi 8.000
14. Sewa bantal 5.000
15. Jajan di stasiun 44.000

TOTAL = 678.000

Total pengeluaran sharecost untuk 2 orang dengan total budget 500.000

1. Sewa motor 3 hari @ 75.000 = 225.000
2. Bensin 16.000
3. Bensin 21.000
4. Tol 2x @4.500 = 9.000
5. Parkir kuta 2x @5.000 = 10.000
6. Nyebrang ke gilimanuk 22.000
7. Parkir blue point 5.000
8. Parkir 1000
9. Bensin 19.000
10. Parkir oleh oleh 2000
11. Pelabuhan gilimanuk 1000+22000+4000=27.000
12. Bensin 10.000
13. Penginapan 2hr 2 org 40.000
14. Penginapan motor 15.000

TOTAL = 422.000

407.000 / 2 orang = 211.000

TOTAL SEMUANYA = 889.000

Nah itu dia kurang lebih total pengeluarannya. Semoga bisa menjadi acuan. Sebenernya yang paling penting itu sharecost sama tiket kereta sih, masalah pengeluaran pribadi itu tergantung masing2 orang, Sebenernya 500.000 pun udah bisa berangkat.

TIPS AND TRICK

1. Siapkan mental dan stamina, pilih temen yang cocok. Karena teman yang cocok pada nantinya juga pasti bakal berantem. Siapkan budget juga.

2. Sisihkan uang sharecost agar ga ribet ngitung2nya nanti. Ga ribet apa pake duit siapa. Jadi mendingan yang barengan ya pake duit barengan.

3. Bawa barang seadanya, siapkan yang penting2 aja.

4. Siapkan 1 tas kecil/clutch untuk barang2 penting seperti hape, dompet, cas hape, tissue, dll.

5. Siapkan KTP dan SIM. KTP bakal dipake pas mau masuk ke kereta, pas nyebrang juga.

6. Kalau mau lebih gampang, turun di stasiun karangasem kayak kami, lalu nginep semalam, paginya minjem motor dan cau ke bali. Lebih bebas juga.

7. Kalau motoran berdua, yang duduk dibelakang siapin ktp, sim, stnk, duit, jadi yang depan fokus jalan aja.

8. Kalau mau minjam motor di karangasem mesti ada KTP, SIM A, atau NPWP (pilih salah satu sebagai jaminan). Kemarin temenku punya KTP dua sih jadi enak, KTP lama dan KTP baru, asal masih berlaku ya gapapa. 

9. Dari gilimanuk ke denpasar mendingan gantian bawa motornya. Soalnya jalanannya rame dengan truk jadi mesti konsen, kalau perlu singgah dulu untuk makan, ngopi, ngobrol, ngesot, selfie, dll.

10. Sediakan powerbank biar ga berantem karena ga mau nyalain gps gara gara hape lowbat.

11. Khusus cewe cewe kudu mesti bawa catokan biar tetep hitz.

12. Pas balik dari gilimanuk ke ketapang agak rempong, mesti isi form dulu sebelum bayar.

13. Bawa bekal untuk perjalanan di kereta kalau perlu bawa 2 bungkus. Makanan di kereta ya lumayan mahal kecuali kamu siap makan pop mie terus.

14. Siapkan tinder. Ini optional tapi penting. Haha

15. Berdoa dan laksanakan.




Akhrinya kelar juga post yang terburu-buru ini, semoga bisa membantu.


Bye,
njel.

Back to top


Copyright © 2016. All the writings are originally written by me. You can copy my post with after you get my permission, but you also need to put my link. All rights reserved.