Hallo semuanya apa kabar? Di postingan kali ini aku akan menjelaskan proses pembuatan visa nasional jerman untuk keperluan menikah. Ja...

Visa Nasional Jerman Untuk Menikah Part 2 - Proses Pembuatan Visa


Hallo semuanya apa kabar?
Di postingan kali ini aku akan menjelaskan proses pembuatan visa nasional jerman untuk keperluan menikah. Jadi setelah pasangan kalian mendaftarkan pernikahan dan sudah mendapat tanggal perkiraan menikah dari Standesamts, kalian sudah bisa lanjut ke proses pembuatan visa. Jangan lupa nanti pasangan kalain harus mengirim balik dokumen asli ke Indonesia, nanti akan dijelakan dibawah.

Hal dan dokumen yang perlu di persiapkan 2 rangkap (1 rangkap akan di simpan sebagai arsip di kedutaan jerman yang ada di Indonesia, 1 lagi akan di kirim ke Jerman) :

1. Membuat janji di kedutaan, disarankan membuat janji dari jauh-jauh hari. Jadi bener2 dihitung, dari saat pasangan kamu mengirim dokumen dari Jerman, kamu udah bisa mulai cari tanggal untuk bikin janji di kedutaan. Setelah itu print bukti janji nya untuk jaga-jaga aja. Kalau ga mau print juga gapapa. Nanti di cek paspornya.

2. Formulir Visa Nasional

Bisa diisi manual dengan tinta hitam atau biru, atau bisa juga di ketik. Waktu itu aku ngisi manual pake pen. Jangan khawatir kalau salah atau ada yang kurang nanti di kasih tau oleh petugas kedutaan. Jadi bisa siapin alat tulis, pen dan tipe x.

3. Lembar perjalanan yang ada pasal-pasalnya

Nanti di tandatangani

4. Pass foto biometrik

Diselipkan aja, ga perlu ditempel pake lem. nanti takutnya rusak.

5. Paspor asli dan fotocopy

6. Copy paspor pasangan

7. Polis asuransi

8. Surat pendaftaran pernikahan asli dan copy

9. Sertifikat A1 asli dan cop

10. Verplictungserklarung asli dan copy


Ingat ya teman-teman, semua dokumen di rangkap 2.

Nah dokumen yang harus dikirim dari jerman adalah : Surat pendaftaran pernikahan dan juga verplictungserklarung asli.

Proses pembuatan visa ku kira-kira sekitar 1 bulan 1 minggu. Lumayan lama, tapi maklum aja kan bulan Mei kemarin di Jerman banyak liburnya dan bulan Juni malah Indonesia yang banyak liburnya.


Nah sudah selesai deh semua prosesnya sampai mendapatkan visa. Gampang kan?
Engga juga sih sebenernya. Aku sebenernya agak kaget. Aku mulai ngurus dokumen itu dari akhir Januari dan baru bisa menikah bulan Juli. Dan semua itu ku rangkum dalam 2 postingan. Edan. Proses 6 bulan kalau ditulis kelihatan singkat dan gampang. 

Perjuangan belum selesai sampai disini, nanti aku akan lanjut menulis tentang proses pernikahan dan juga dokumen apa saja yang harus di persiapkan untuk registrasi diri, pendaftaran residen permit, lapor diri, dan juga untuk sekolah bahasa. Ditunggu ya.

Semua proses akan dirangkum pada label : Visa Nasional Jerman

Jadi tinggal klik aja dan muncul deh semua tulisanku. 




seeya.

Sekilas info : Bagi yang mau tau info lanjut tentang pernikahan Indonesia - Jerman, silahkan visit blog khusus untuk pernikahan Indonesia - Jerman disini

4 comments:

  1. hi angel, mau tanya dong hehe utuk nasiional visa harus melampirkan verlipflichtungklarung? krn belum lama pacarku tanya syarat menikah tidak ada verlipflichtungklarung di syaratnya hihi, makasih angel....

    ReplyDelete
  2. Ayu
    Q sm calon Suami ku jg msh konfuse sm Verpflichtungserklärung
    Gmn Apakah km sdh Deal menikah di Jerman?

    ReplyDelete
  3. Berdasarkan pengalamanku Verpflichtungserklärung memang harus ada dan wajib d cantumkan saat proses Apply Visa nasional.

    ReplyDelete
  4. Berdasarkan pengalamanku Verpflichtungserklärung memang harus ada dan wajib d cantumkan saat proses Apply Visa nasional.

    ReplyDelete