Hai semuanya, kali ini aku akan membahas gigi bungsu. Gigi bungsu atau wisdom teeth adalah gigi geraham ketiga atau gigi geraham te...

Operasi Gigi Geraham Bungsu / Gigi Impaksi



Hai semuanya, kali ini aku akan membahas gigi bungsu. Gigi bungsu atau wisdom teeth adalah gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh di usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Gigi bungsu ini akan tumuh di empat bagian rahang. Katanya sih hanya 2 persen dari penduduk dunia yang lahir tanpa gigi bungsu. Wah beruntung sekali ya!

Fungsi dari gigi bungsu sendiri sebenarnya udah ga ada. Aku sempat baca dari berbagai website, katanya gigi bungsu ini ga kepake karena evolusi rahang manusia yang udah ga sebesar jaman dulu. Nah karena pengecilan rahang ini lah, makan gigi bungsu yang tumbuh ini jadi ga punya tempat. Ada gigi bungsu yang tumbuh keluar sempurna, ada juga yang cuma setengah, dan ada juga yang malah tumbuh miring. Nah yang paling berbahaya sih biasa yang tumbuh miring. Jika gigi bungsu ini tumbuh miring makan akan berbahaya bagi gigi lain. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika gigi bungsu ini dicabut semua. Pencabutan gigi bungsu ga boleh oleh sembarang dokter, pencabutan ini termasuk dalam kategore operasi dan harus ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut.

Nah saat aku memeriksa gigi geraham ku yang infeksi, aku sekalian rongsen gigi. Dari situlah kelihatan tuh ternyata aku mempunyai satu gigi geraham yang tumbuhnya tiduran. Mungkin dia mager kali ya. Hehehe.

lingkaran pink = gigi geraham bungsu impaksi

Sebelum lebih jauh membahas pengalaman aku, aku pengen kasih tau alasan kenapa sih gigi bungsu ini harus di operasi walaupun sekarang ga kerasa sakit. Sebenarnya untuk mengetahui apakah gigi bungsu kamu berbahaya atau engga ya dengan merongsen gigi. Cuma kebanyakan dari kita, kalau ga sakit ya gamungkin dong tiba-tiba dateng ke dokter gigi untuk ngecek. Jadi hal in sangat tricky. Aku aja kalau ga infeksi, ga bakal tau ada gigi tiduran di dalem gusi. Bayangin deh gigi  kalian itu ga sakit tapi ternyata ada gigi tiduran di dalem gusi, dan tiba-tiba gigi itu udah mulai mendorong gigi lainnya dan menyebabkan sakit parah luar biasa. Sebenarnya gigi impaksiku itu ga sakit sama sekali. Ngerasa biasa aja. Yang sakit malah geraham hehe.

Coba lihat ilustrasi dibawah ini :

Udah kebayang belum sih betapa ngeselinnya gigi bungsu yang ga punya peran apa-apa tapi malah bisa membahayakan?

Jadi bagi kalian yang merasa sakit, alangkah lebih baik kalau segera periksa dan segera memutuskan untuk penanganan. Mungkin banyak dari kalian yang takut sakit apalagi pasca operasi, percayalah, jika gigi itu ga dibuang, kamu akan jauh lebih sakit.

Pra Operasi
Sebelum operasi, dokter akan melakukan rongsen untuk melihat posisi gigi. Apakah tumbuh miring, atau tumbuh tidak sempurna. Lalu nanti di lihat juga, apakah dekat dengan saraf apa tidak. Nanti akan dijelaskan, ketika tidak dekat dengan saraf berarti aman-aman aja. Kalau dekat dengan saraf mungkin perlu hati-hati. Setelah itu kalian bisa menentukan sendiri tanggal operasi, diusahakan sih spare waktu beberapa hari untuk istirahat pasca operasi. Dokterku bilang, aku harus minum antibiotik 2 hari sekali 2 hari sebelum operasi. Sebelum operasi, perut kamu harus udah terisi ya.

Hari Operasi
Aku datang ke dokter bersama dengan suami. Dulu sih suami udah pernah operasi gigi ini di empat rahang dan dia bilang sakitnya sampe 2 minggu. Sebenernya aku ga takut-takut amat soalnya aku udah pernah cabut gigi 2 sekaligus dan ga minum pereda nyeri sama sekali. Jadi kalau soal tahan menahan rasa sakit, aku bisa bilang, aku tahan. Sebelum dokter memulai operasi, beliau akan memberikan suntik anatesi lokal (bius lokal di sekitar area gigi). Nah pas suntik ini aku nangis, yee katanya tahan sakit tapi kok nangis. Nah ini juga sih yang aku bingung. Ini kejadian udah 2 kali aku nangis di dokter gigi saat sama suami. Pertama waktu scalling kedua pas suntik ini. Konyol sih. Padahal kalau aku pergi sendiri, tahan banting. Setelah itu nanti aku bakal diminta tunggu beberapa menit agar efek dari biusnya sempurna. Entah karena nervous ngeliat suami nervous atau karena cuaca dingin, aku sampe ke WC 3x, sampe dokternya ketawa. Setelah siap, suami diminta tunggu di luar. Jadinya hanya ada aku, dokter, dan 2 asisten paruh baya. Sebelum operasi, dokternya akan mengecek dulu efek dari anastesi, apakah masih sakit atau engga. Dokternya bilang, "If you feel hurt, tell me, but if you only feel pressure, don´t tell me." Wah kocak sih, tau aja si dokter kalau aku suka melebih-lebihkan hahaha. Setelah itu bibirku juga di olesi krim yang bikin kebal.

Aku melakukan operasi ini bersamaan dengan operasi akar gigi gerahamku yang di infeksi. Jadi sang dokter akan mengeksekusi gigi geraham infeksiku dulu baru deh move on ke gigi impaksi. Penanganan gigi geraham infeksiku ini lumayan lama dan bikin mulut pegel.


Operasi gigi bungu impaksi bawah ini terbilang cepet banget, kayaknya 5 menitan udah deh dan ga kerasa sakit, paling cuma kerasa krek krek ala cabut gigi. Setelah itu nanti dibersihkan dan dijahit. Nanti kamu akan diminta gigi kasa untuk menghentikan pendarahan. Aku gigit kasanya lebai sampe 24 jam padahal darah udah berhenti. Butuh waktu 1 hari buat aku berani ngaca untuk liat gigiku, ternyata biasa aja haha. Setelah operasi aku juga harus tetap minum antibiotik tapi dosisnya jadi 3x sehari dan di habiskan. Aku juga di kasih kompresan dingin buat ngebantu meredakan nyeri dan pembengkakan.

Pasca Operasi
Jujur aku ga negrasa sakit yang minta ampun, sakit cekit-cekit itu paling cuma beberapa jam lalu udah. Entah karena aku minum pereda nyeri atau gimana, tapi aku beneran ngerasa biasa aja, cuma ya pipiku jadi gede hehe. Kalau dengar cerita orang yang sampe beneran sakit dan harus tiduran, aku engga. Aku malah biasa aja. Malah 1 hari setelah operasi aku harus interview. Setelah operasi, pipi juga harus dikompres buat ngebantu penyembuhan.

kayak lagi nyembunyiin bakso hehe


Makan apa pasca operasi?
Ini bagian paling seru, makan. Walaupun gigiku ga sakit banget, tapi aku tetap harus ada diet untuk makanan tertentu seperti alkohol, kopi, dan juga produk dairy. Aku ga tau kenapa aku ga boleh minum produk dairy, padahal udah nyetok yogurt di rumah. Akhirnya aku menjadi vegan deh. Beberapa jam setelah operasi, aku malah bilang kesuami, pengen makan coklat. Edan ga sih? Gara-gara itu aku memicu nasihat panjang lebar yang membuat aku geregetan.

Buat kalian yang akan operasi, aku akan kasih beberapa makanan enak dan diet proof buat kalian.
1. Soya milk
2. Sup tomat, sup jamur, sup-sup lainnya
3. Pisang yang di benyek2in

Untuk sementara itu sih yang aku makan. Pagi minum susu, agak siangan sup tomat plus pisang, agak malaman sup tomat lagi sama susu. Ternyata masuk di hari ke dua, aku ga kunjung merasakan sakit, jadi setelah lewat dari 24 jam pertama aku udah bisa makan ngunyah. Masuk ke hari ke 3 pasca operasi aku udah bisa makan nasi. Aku ga ngerti kenapa aku ga ngerasa sakit sih, yah cuma pipiku bengkak aja.

Overall, dari skala 1 sampe 100. 1 ga sakit 100 sakit banget, aku cuma ngerasa paling 20 deh sakitnya. Jadi buat kalian yang masih ragu-ragu untuk operasi, jangan takut. Ini sakitnya cuma kayak cekit-cekit aja kok. Oke deh, itu aja dari aku. Sampai jumpa besok-besok! Bye.

4 comments:

  1. Hai, Angelica! Apa kabar? (^.^)
    Kenalin aku Khalove, kebetulan aku baru banget di dunia perblogan. Aku suka gaya blognya Angelica! Simple juga detail, terus mengalir.

    Awalnya aku lagi nyari blogger dokter gigi atau seseorang yang tertarik sama bidang itu. Terus aku nemu blog ini. Ngomong-ngomong gigi bungsu Angelica yang kiri atas jadinya dicabut juga ya? Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. Hallo hallo... agak jauh ternyata ya mau nyari blog tentang dokter gigi malah nyampe ke pasiennya hehe..
    Yang kiti atas di cabut juga, soalnya kiri bawah kan impaksi, jadi biar ga timpang gitu. Kata dokternya lagian gigi bungsu itu sebenernya ga ada guna. Jadi kalau udah cabut bawah, lebih baik atas juga cabut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya! :') Aku cari blog-blog recently tapi kelihatannya udah sedikit orang yang buat blog ya.. (?)


      Ooh paham paham. Angelica sudah dua kali ke dokter spesialis ya, kalo boleh tau yang pertama kali ke dokter gigi juga atau bukan dan untuk perawatan apa ya?

      Aneh ngga pertanyaan ku? :') Orang-orang sekitar suka bilang aku suka nanya pertanyaan-pertanyaan ngga penting :')

      Delete