source here Hai semuanya, kali ini aku akan membahas sedikit tips dan trik untuk ujian menulis level A1 Bahasa Jerman. Mungkin bany...

Ujian Menulis Untuk A1 Bahasa Jerman (Schreiben Prüfung)


Hai semuanya, kali ini aku akan membahas sedikit tips dan trik untuk ujian menulis level A1 Bahasa Jerman. Mungkin banyak kalian yang masih takut atau ragu dengan kemampuan yang kalian miliki. Ini juga yang aku rasakan saat mengambil ujian A1. Saat datang ke Goethe, udah rame banget orang-orang yang datang lebih awal dari aku, dan mereka sibuk membahas materi ataupun sibuk membaca buku catatan mereka masing-masing. Tapi dari awal aku udah bertekat dan berprinsip, hari H adalah hari dimana kita ujian, bukan belajar. Jadi dari dulu, pada hari H ujian, aku ga akan pernah mau buka buku catatan lagi. Bukannya sombong, aku hanya ingin percaya sama kemampuan ku bahwa apa yang aku pelajari sebelumnya ga akan hilang kemana-mana. Aku malah bisa panik kalau ikutan belajar mepet beberapa menit sebelum ujian dan bisa-bisa apa yang aku pelajari bisa buyar.


Untuk ujian menulis A1, ada dua bagian yaitu :
1. Formular ausfüllen (Melengkapi Formulir)
2. Brief schreiben (Membuat Surat)

Untuk postingan kali ini aku akan membahas lebih detail untuk bagian menulis surat. Mengapa? Karena kebanyakan orang kehabisan waktu di bagian ini. Untuk bagian mengisi formulir, aku rasa tidak terlalu memakan waktu lama dan asalkan sering mengerjakan latihan, pasti bisa. Aku sendiri kemarin cuma dapat nilai 19.95 saat ujian menulis. Bagi aku itu udah bagus, karena aku ga pernah les sebelumnya, belajar juga cuma sebentar karena cuma untuk memenuhi syarat visa. Untungnya aku lulus, jadi, aku akan membagikan tips dan trik aku untuk ujian menulis ini.

Pertama
Kalian harus memahami pertanyaanya dulu, apa yang diminta, dan apa aja yang harus di jawab. Percuma juga kalau menulis surat panjang-panjang tapi ga nyambung sama apa yang diminta.

Kedua
Setelah kalian paham dengan apa yang diminta, mulailah menulis. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah salam pembuka. Walaupun salam pembuka tidak masuk dalam hitungan 30 kata yang di wajibkan, namun ini wajib ada. Masa iya kita menulis surat ga ada salam pembuka?

Contoh salam pembuka : Hallo / Liebe (nama perempuan) / Lieber (nama laki-laki) / Sehr geehrte (nama perempuan) / Sehr geehrter (nama laki-laki)

Kalau tidak ada nama spesifik yang di tuju atau formal bisa memakai : Sehr geehrte Damen und Herren

Kalian juga bisa menulis tanggal seperti misalnya :
1. Berlin, 20.10.2020
2. Indonesien, 20.Juni.2020

Ketiga
Perhatikan juga gramatik dasar kalian, jangan sampai salah penempatan. Bagi yang kurang bisa memahami kayak aku dulu, aku memakai trik menghapal beberapa kalimiat. Perhatikan juga kata ganti seperti Sie atau Er. Kalian juga perlu memperhatikan artikel seperti feminim, maskulin, atau netral. Untuk yang ini ga ada cara lain selain menghafal. Selain itu perhatikan huruf kapital. Kalian harus ingat untuk nama-nama benda harus diawali oleh huruf kapital.

Keempat
Jika jenis surat ditujukan bukan kepada teman atau kerabat yang kamu kenal sebelumnya, kalian bisa memperkenalkan diri dulu, asal kalian, dan informasi personal yang menyangkut dengan isi surat. Misalnya kalau sedang mencari apartemen, kalian bisa saja menulis nama kalian, asal kalian, dan kalian sekolah dimana. Kalau suratnya ditujukan untuk teman kalian, ga perlu memperkenalkan diri lagi ya, bisa aja dimulai dengan menanyakan kabar.

Kelima
Gunakan beberapa ekspresi sesuai dengan permintaan suratnya. Berikut ada beberapa daftar ekspresi yang mungkin bisa kalian hapalkan.

Danken (Dativ) :
1. Ich danke dir für die Einladung.
2. Ich danke euch für die Hilfe.
3. Ich danke Ihnen.

Einladen (Akkusativ) :
1. Ich lade dich zu meinem Geburtstag ein.
2. Wie laden euch zu unserer Party ein.
3. Ich lade Sie zu mir ein.

Gratulieren (Dativ) :
1. Ich gratuliere dir zum Geburtstag.
2. Wir gratulieren euch.
3. Ich gratuliere ihnen.

Anrufen (Akkusativ) :
1. Ich rufe dic heute Abend an.
2. Er ruft euch an.
3. Wir rufen Sie noch an.

Keenam
Setelah menulis surat, tentunya kita mengharapkan balasan balik, nah ini  juga bisa dimasukkan kedalam surat kalian, seperti contohnya Ich warte auf Ihre Antwort. Setelah itu jangan lupa memberikan salam penutup.

Contoh salam penutup formal : Mit freundlichen Grüßen / Viele Grüßen / Freundlichen Grüßen

Contoh salam penutup informal : Mit herzlichen / Grüßen / Viele Grüßen / Liebe Grüßen / Herzliche Grüßen

Nah itu dia enam tips yang bisa kalian ingat saat mulai menulis surat. Sebisa mungkin jangan terpaku terlalu lama dalam menulis surat, kalian juga harus pintar-pintar membagi waktu agar waktu yang diberikan cukup untuk mengerjakan semua soal yang ada.

Oh ya ini aku juga tampilkan lagi contoh soal yang dulu pernah aku posting sebelumnya siapa tau teman-temen belum baca postingan itu.

Contoh surat untuk mencari apartemen :
Sehr geehrte Damen und Herren,
Mein Name ist Angelica. Ich suche ein Appartement für Sechs Monate. Ich will in Weimar einen Deutschkurs besuchen. Ich werde Anfang Mai Kommen. Können Sie mir bitte helfen? Ich warte auf Ihre Antwort.
Mit Freundlichen Grüßen
Angelica Chrestella (formal needed)

Contoh surat untuk teman yang ingin berkunjung :
Liebe Irene,
Wie geht es dir? Du wolltest mich im August besuchen, aber leider kann ich nicht. Ich muss für meine Firma nach Berlin fahren. Kannst du im September kommen? Ich habe am 10.9. Geburtstag. Wir können zusammen essen oder ins Kino gehen. Ich warte auf deine Antwort.
Liebe Grüße,
Angelica Chrestella

Contoh surat tidak bisa datang ke ulang tahun :
Sehr geehrte Frau Meyer-Sieback
Vielen Dank für Ihre Einladung, aber leider kann ich am Samstag nicht kommen. Ich muss meine Oma in Berlin besuchen. Das tut mir sehr leid. Können Si e mir bitte Ihre Adresse nennen? Ich will ein Geschenk für Sie schicken. Ich warte auf Ihre Antwort.
Liebe Grüße,
Angelica Chrestella

Contoh surat untuk mencari kamar hotel :
Sehr geehrte Damen und Herren,
Ich komme am 05.06 nach Hamburg. Ich brauche ein Doppelzimmer mit Halbpension für vier Nächte. Bitte holen Sie mich mit dem Hotelauto von Flughafen ab. Meine Ankunft ist am 05.06 um 16.30 Uhr am Flughafen Fuhlsbüttel. Ich warte auf Ihre Antwort.
Viele Grüße
Angelica Chrestella

Contoh surat untuk mengikuti kursus :
Hallo Herr Berna
Mein Name ist Angelica. Ich war im letzten Sommer bei Ihnen im Deutschkurs in München. Der Kurs mit Ihnen hat mir sehr gut gefallen. Machen Sie dieses Jahr auch wieder einen Kurs? Wenn ja, wann? Ich möchte mich für den Kurs anmelden. Ich warte auf Ihre  Antwort.
Viele Grüße
Angelica Chrestella

Contoh surat untuk meminta informasi :
Sehr geehrte Damen und Herren,
Ich plane in Sommer nach Lübeck fahren. Können Sie mir bitte die Informationen über die Sehenswürdigkeiten in Lübeck? Ich brauche auch die Informationen über das Jugendherberge. Können Sie bitte mir Helfen? Ich werde auf die Antwort.
Mit Freundlichen Grüßen
Angelica Chrestella

Contoh surat meminta tolong :
Hallo Matthias,
Wie geht es dir? Ich brauche deine Hilfe. Mein Computer ist kaputt. Ich will einen neuen Computer kaufen. Kannst du mit mir einkaufen gehen? Wenn ja, wann wirst du Zeit haben? Ich warte auf deine Antwort.
Viele Grüße
Angelica Chrestella

Bagi kalian yang ingin latihan soal A1 bisa langsung ke website Goethe dibawah ini :
1. https://www.goethe.de/ins/id/id/sta/jak/prf/gzsd1/ueb.html
2. https://www.goethe.de/ins/id/id/sta/jak/prf/gzfit1/ueb.html
3. http://bfu.goethe.de/a1_sd1/schreiben.php

Akhir kata, selamat belajar! Aku berharap kalian bisa lulus dan mendapat nilai lebih baik dari aku.

bye.

3 comments:

  1. Vielen Dank Frau. Sehr hilfreich

    ReplyDelete
  2. Makasi cc uda share ini. Alhamdulillah saya lulus 100% buat schreiben cause I memorised most of the sample essays you have written. do not know how to thank you enough. From Malaysia with love, Hani.

    ReplyDelete
  3. Halo kak... Kalau boleh tau, thema schreiben kaka hampir mirip ya dengan blog kaka ini?

    ReplyDelete