Hai teman-teman semuanya. Kali ini saya ingin berbagi info tentang pengalaman saya mengikuti Ujian A1 bahasa Jerman. Puji Tuhan pada ta...

Lulus Ujian A1 Bahasa Jerman Dalam 1 Bulan? Kenapa Tidak?



Hai teman-teman semuanya. Kali ini saya ingin berbagi info tentang pengalaman saya mengikuti Ujian A1 bahasa Jerman. Puji Tuhan pada tanggal 22 Februari 2018 saya dinyatakan lulus Ujian A1 Goethe Institute Jakarta dengan predikat Gut. Senangnya luar biasa! Rasanya semua nya terasa lebih melegakan bagi saya dan sang pacar apalagi karena saya hanya belajar cepat kurang lebih 1 bulanan. Oleh karena itu, izinkan saya berbagi pengalaman serta tips dan trick yang saya lakukan untuk bisa lulus dengan baik di Goethe Institute Jakarta.

Pertama-tama saya ingin menjelaskan background cerita saya dulu, agar teman-teman makin termotivasi. Saya baru balik dari kunjungan saya ke Jerman akhir Desember 2017 lalu. Setelah berdiskusi dengan sang pacar, munculah sebuah kesepakatan bahwa saya akan ke Jerman lagi, bukan menggunakan visa Schengen, namun dengan visa Nasional. Salah satu syarat visa Nasinal Jerman adalah menyertakan sertifikat bahasa Jerman minimal A1 dari Goethe Institute Jakarta. Ada beberapa pengecualian dimana kita tidak perlu menyertakan sertifikat A1 saat mengapply visa. (Namun tetap harus belajar bahasa ketika sampai di Jerman dan harus mendapat sertifikat karena kalau tidak bisa saja loh di deportasi, CMIIW).

Pengecualian yang saya tahu adalah :

1. Istri dari WN Jerman (yang sudah menikah di Indonesia / menikah di Jerman dengan visa turis *beberapa kasus diizinkan* / menikah di negara lain) dan sudah melahirkan anak dari WN Jerman tersebut. Mereka bisa apply visa tanpa menyertakan A1 namun tetap di wajibkan untuk sekolah bahasa sesampainya di Jerman.

2. Istri dari WN Jerman (yang sudah menikah di Indonesia / menikah di Jerman dengan visa turis *beberapa kasus diizinkan* / menikah di negara lain) yang memiliki gelar Master (S2) yang diakui di Anabin. Nah untuk kasus ini saya dapat dari teman saya yang menikah di Denmark. Beliau sudah memiliki gelar S2 dan mengirimkan pesan ke kedutaan bagian visa, menjelaskan dan akhirnya bisa.
 ini merupakan email yang teman saya dapat dari kedutaan.

Nah berhubung saya tidak masuk dalam 2 kategori tersebut, saya tetap harus menyertakan sertifikat A1. Sebelumnya saya hanya belajar bahasa Belanda itupun tidak sampai selesai, saya benar-benar buta bahasa Jerman selain Guten Morgen, Ich liebe dich, dan Danke. Selama saya di Jerman kemarin pun saya tidak belajar rutin. Saya hanya merangkum di note book saya, karena saya memang suka menulis. Saya hanya belajar kurang lebih 5 menit lalu selanjunya Netflix. Pokoknya beneran tidak serius belajar. Saya pun tidak jadi mengikuti kursus di Jerman saat 3 bulan disana karena kebetulan agak susah mencari kursus di waktu kedatangan saya, dan saya pernah mencoba 1 sekolah yang isinya orang Turki dan Serbia. Gurunya bukan native speaker, dan orang-orang di kelas tidak bisa bahasa Inggris dan tidak bisa juga bahasa Jerman dasar. Padahal itu kelas A1.2. Dan menurut saya, sistem pembelajarannya sangat lambat. 1 kali pertemuan cuma membahas 2 bagian soal. Padahal itu kurang lebih 4 jam. Jadi saya memutuskan untuk tidak ikut.
Sepulangnya ke Indonesia pun masih belum kepikiran bahwa akan apply visa Nasional, sampai pada akhirnya awal tahun, munculah hasil kesepakatan. Nah bulan Januari 2018 itu saya bener bener mulai rutin belajar. Saya orangnya moody, kalau sedang tidak mood belajar, saya tidak akan belajar karena percuma, yang ada saya malah stress dan panik. Namun ketika saya mood, saya bisa belajar 3-4 bab sekaligus. Dan, saya orangnya pelupa, susah menghafal, jadi saya jarang banget hapal hapal gitu, saya cuma memahami aja. Jadi kalau ga liat soalnya atau perkaranya apa, saya ga bisa menjelaskan, tapi kalau sudah ada didepan mata, saya bisa, atau kalau ada yang mancing ngomong, saya bisa.

Baiklah, mari masuk ke topik pembahasan kita di post ini. Emang bisa ya lulus A1 dalam 1 bulan?
Jawabannya adalah BISA! Jangan kan 1 bulan, 3 minggu aja bisa kok. Asal niat belajar kuat, dan otak mampu menangkap pelajaran dengan cepat.
Oh ya satu lagi, saya murni belajar sendiri, tidak memakai guru les. Guru saya hanyalah website Goethe, Google, Youtube, Playstore, dan pacar tercinta.

Tahap pembelajaran saya bagi dua, pertama adalah untuk basic pemula dan kedua untuk persiapan ujian. Sekarang kita mulai ke basic pemula dulu ya.

Pertama yang saya lakukan adalah mengumpulkan niat. Tanamkan mindset kalau bahasa Jerman itu mudah. Jangan biarkan rasa takut dan stress mengambil alih. Pikirlah bahwa ada hal indah setelah badai. Jadi tidak apa-apa bersusah susah dahulu. Tentukan target, saya misalnya dalam 1 bulan saya harus lulus. Ini penting banget ya, Niat + Usaha + Target. Tiga-tiganya harus berjalan bersamaan.

Kedua, saya membuat note di buku saya. Mulai dari alphabet dalam bahasa Jerman beserta cara baca terutama yang Umlaute. Angka dari 0 sampai 1 triliun, cara baca persen, koma, per, penyebutan harga. Nama hari, keluarga, anggota tubuh, bulan, musim, warna, tempat-tempat umum misal restoran, bandara, toilet, makanan, minuman, subjek, nominatif, akusativ, dativ, genetive, possesive, greetings, to be, kalimat tanya, modals, antonim, keterangann waktu, kata sambung, direction, 100 verb yang sering digunakan.


Ketiga, saya mempelajari grammatik. Bagi saya grammar itu sangat penting, jadi saya tidak setuju kalau ada yang bilang grammar tidak penting. Contohnya kalimat :
Mau Juanda pesan halte ojek saya online 8 jam di depan.
Teman-teman nangkep ga maksudnya apa? Nah itu adalah KASARAN mengenai pentingnya grammar. Grammar adalah himpunan dari aturan-aturan yang terstruktur yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata dalam bahasa apapun.
Dengan ada nya grammar yang baik, kita bisa mengerti bahwa harusnya kalimat di atas disusun menjadi : Saya mau pesan ojek online jam 8 pagi di depan halte Juanda.
Maklum, dulu anak sastra Inggris, jadi tetep kekeh kalau seluruh bagian dari bahasa itu penting.
Acuan saya dalam belajar grammar adalah PDF Aber Hallo. Bisa di klik link nya dan bisa di download. Nah pokoknya pahami SEMUA yang ada di dalam itu. Kalau tidak mengerti bisa cari di google dan tanya dengan partner belajar.

Keempat, saya sering membuka youtube belejar bahasa Jerman. Yang paling saya suka adalah Learn German with Jenny . Ada banyak youtuber yang mengajari bahasa Jerman, jadi teman-teman kalau ga cocok dengan channel yang saya rekomendasikan, bisa mencari channel lain. tapi bagi saya fokus di 1 channel aja sudah cukup bagi pemula, kalau kebanyakan malah mabok karena masing-masing orang cara mengajarinya beda. Oleh karena itu carilah tutor yang sesuai dengan cara belajar teman-teman. Selain itu saya juga belajar dari DW.DE. Di website tersebut juga menyediakan placement test. Saya mulai main web setelah saya belajar grammar dan memahami vocab vocab sedikit sedikit. Saya coba ambil tesnya dan hasilnya adalah A2. Wah. Nah di website DW itu nanti akan ada sistim pembelajaran yang cocok untuk setiap level. Recommended! 

Kelima, saya mendownload beberapa aplikasi di playstore.


1. German English Dictionary : ini penting banget karena sangat membantu dalam proses pembelajaran kalian nanti.
2. Google translator : Di aplikasi  ini nanti teman teman bisa menerjemahkan melalu foto. Jadi tinggal di foto lalu screenshoot lalu bisa deh translate. Ini saya gunakan untuk mentraslate buku buku pdf Jerman.
3. German Complete Grammar : Ini modelnya berupa latihan soal yang di kategorikan sesuai topik dan ada levelnya.
4. German Grammar in Use : Ini modelnya kayak modul pembelajaran yang dikategorikan dengan topik juga.
5. Spotify : Nah siapa sangka di aplikasi hits ini ternyata ada audio pembelajaran bahasa Jerman. Tinggal search aja => German A1.

Teman-teman juga bisa mendownload Duolingo. Saya juga memakai applikasi tersebut namun sudah saya uninstall karena males aja soalnya saya juga ga telaten orangnya. Kalau level turun, ngamuk sendiri. Sebel. hehehe. 


Setelah lima tahap tersebut sudah bisa teman-teman terapkan, kita akan masuk ke persiapan ujian.

Pertama, dowload semua kisi-kisi soal di website Goethe Institute. Berikut saya sertakan dua contoh soal punya saya. Untuk mp3 listeningnya cari sendiri di website nya ya. Saya juga lupa hihi.
1. Contoh soal 1 : https://drive.google.com/open?id=1uuIAvJg_T4_HmzfQOT3OLyi_b25xuNoN
2. Contoh soal 2 : https://drive.google.com/open?id=13b2sC-Ekw9J80Z81ODN0Trop_yu04n_1

Selebihnya bisa cari di google ya, banyak kok yang punya dan menyertakan link juga.

Selanjutnya jika ingin belajar lebih, saya punya PDF yang mungkin bisa membantu :
1. PDF 1 : https://drive.google.com/open?id=1eezeXI3v-Up0mbKk56qOlmX48I0OJsx7
2. PDF 2 : https://drive.google.com/open?id=1tvWPdKurwVyHS8cr4Qd0o-d-RkTOZUe6


Tips untuk Hören
Jujur dari 4 bagian ujian, nilai hören saya adalah yang terjelek. Karena memang saya belajar sangat cepat, jadi saya sudah memprediksi dari 4 bagian, bagian ini lah yang akan saya tumbalkan. Saya memang bukan tipe auditori. Saya lebih ke visual kinestetik. Jadi maaf jika saya tidak bisa memberikan tips jitu, namun saran saya adalah sering dengerin spotify A1, audio di dw.de, buka youtube cari lah semua yang beraudio bahasa Jerman. Selanjutnya,  banyak2 beramal ibadah, karena hören itu adalah 15 soal pilihan ganda, jika hoki teman-teman tinggi bisa aja 15 soal bener semua tanpa harus denger apapun hehehe.

Setelah hören maka ujian lessen dan schreiben akan langsung dilaksanakan. Waktunya hanya 45 menit. Jadi disarankan sebelum mengerjakan teman-teman harus mengecek sekilas soal lessen dan schreiben. Pilih mana yang lebih gampang dan kerjakan deluan. Jangan fokus di yang susah dulu karena kebanyakan orang kehabisan waktu saat mengerjakan lessen.


Tips untuk Lessen
Nah nilai tertinggi saya ada di Lessen. Disini saya selalu baca-baca tipe soal, dan juga mengartikan melalu google translator. Jadi saya foto itu pdf yang sudah saya copy / bisa juga screenshoot, lalu tinggal belajar deh. Perbanyak membaca dari tips tips yang saya berikan sebelumnya. Berusaha tenang dan jangan fokus di satu soal, kalau memang tidak bisa, lewatkan dulu, jangan buang buang waktu di satu soal. Lessen juga berupa pilihan ganda. Jadi kalau ga tau bisa cap cip cup. Hehe.

NOTE pembagian waktu di Jerman:
Im Winter werden folgende Uhrzeiten unterteilt:

Morgen: 6 bis 10 Uhr
Vormittag: 10 bis 12 Uhr
Mittag: 12 bis 14 Uhr
Nachmittag: 14 bis 17 Uhr
Abend: 17 bis 21 Uhr
Nacht: 21 bis 6 Uhr
Im Sommer werden folgende Uhrzeiten unterteilt:

Morgen: 7 bis 11 Uhr
Vormittag: 11 bis 13 Uhr
Mittag: 13 bis 15 Uhr
Nachmittag: 15 bis 18 Uhr
Abend: 18 bis 22 Uhr
Nacht: 22 bis 7 Uhr


Tips untuk Schreiben
Saya download semua contoh soal yang ada di website goethe, lalu kerjakan, dan minta pacar saya untuk koreksi. Saya juga belajar dari PDF 2. Ada beberapa contoh soal, kerjakan, dan hapalkan. Berikut saya berikan sedikit contoh surat yang saya kerjakan :

Contoh surat untuk mencari apartemen :
Sehr geehrte Damen und Herren,
Mein Name ist Angelica. Ich suche ein Appartement für Sechs Monate. Ich will in Weimar einen Deutschkurs besuchen. Ich werde Anfang Mai Kommen. Können Sie mir bitte helfen? Ich warte auf Ihre Antwort.
Mit Freundlichen Grüßen
Angelica Chrestella (formal needed)

Contoh surat untuk teman yang ingin berkunjung :
Liebe Irene,
Wie geht es dir? Du wolltest mich im August besuchen, aber leider kann ich nicht. Ich muss für meine Firma nach Berlin fahren. Kannst du im September kommen? Ich habe am 10.9. Geburtstag. Wir können zusammen essen oder ins Kino gehen. Ich warte auf deine Antwort.
Liebe Grüße,
Angelica Chrestella

Contoh surat tidak bisa datang ke ulang tahun :
Sehr geehrte Frau Meyer-Sieback
Vielen Dank für Ihre Einladung, aber leider kann ich am Samstag nicht kommen. Ich muss meine Oma in Berlin besuchen. Das tut mir sehr leid. Können Si e mir bitte Ihre Adresse nennen? Ich will ein Geschenk für Sie schicken. Ich warte auf Ihre Antwort.
Liebe Grüße,
Angelica Chrestella

Contoh surat untuk mencari kamar hotel :
Sehr geehrte Damen und Herren,
Ich komme am 05.06 nach Hamburg. Ich brauche ein Doppelzimmer mit Halbpension für vier Nächte. Bitte holen Sie mich mit dem Hotelauto von Flughafen ab. Meine Ankunft ist am 05.06 um 16.30 Uhr am Flughafen Fuhlsbüttel. Ich warte auf Ihre Antwort.
Viele Grüße
Angelica Chrestella

Contoh surat untuk mengikuti kursus :
Hallo Herr Berna
Mein Name ist Angelica. Ich war im letzten Sommer bei Ihnen im Deutschkurs in München. Der Kurs mit Ihnen hat mir sehr gut gefallen. Machen Sie dieses Jahr auch wieder einen Kurs? Wenn ja, wann? Ich möchte mich für den Kurs anmelden. Ich warte auf Ihre  Antwort.
Viele Grüße
Angelica Chrestella

Contoh surat untuk meminta informasi :
Sehr geehrte Damen und Herren,
Ich plane in Sommer nach Lübeck fahren. Können Sie mir bitte die Informationen über die Sehenswürdigkeiten in Lübeck? Ich brauche auch die Informationen über das Jugendherberge. Können Sie bitte mir Helfen? Ich werde auf die Antwort.
Mit Freundlichen Grüßen
Angelica Chrestella

Contoh surat meminta tolong :
Hallo Matthias,
Wie geht es dir? Ich brauche deine Hilfe. Mein Computer ist kaputt. Ich will einen neuen Computer kaufen. Kannst du mit mir einkaufen gehen? Wenn ja, wann wirst du Zeit haben? Ich warte auf deine Antwort.
Viele Grüße
Angelica Chrestella

Semoga memberikan pencerahan untuk teman teman ya. Oh ya, untuk menulis surat itu minimal 30 kata dari isi ya. Salam dan penutup tidak dihitung. Untuk schreiben dibagi 2 bagian, mengisi formulir dan juga menulis surat. Jadi sering2 latihan soal ya.

Tips untuk Sprechen

Pertama coba deh liat video di youtube tentang gimana sih ujian berbicara itu. Misalnya di :
Youtube 1 : https://www.youtube.com/watch?v=aGNd-6pDkEI
Youtube 2 : https://www.youtube.com/watch?v=xl-GXHrIzIo
Youtube 3 : https://www.youtube.com/watch?v=56dV3q37-JM
Youtube 4 : https://www.youtube.com/watch?v=AvmYYMUJWLU

Nah sudah ada gambaran kan? Terbagi jadi 3 bagian : Perkenalan, lalu pertanyaan, dan kalimat perintah atau permintaan.

Untuk bagian perkenalan, teman2 hapalin deh apa yang mau di omongin. Belajar mengeja juga. Serta nomor nomor di pelajari cara penyebutannya karena setelah pengenalan, penguji akan bertanya tentang macem2 bisa diminta mengeja, menyebutkan nomor hape, kalau saya diminta menyebutkan nomor telepon dan juga mengeja pekerjaan saya.

Untuk bagian 2 dan , ini milih kartu. Nah temen2 belajar dari tipe tipe soal, dan buatlah kalimatnya, pelajari dan hapalkan semua. Minimal 20an kartu deh. Dijamin kok bakal bisa, saya pas ujian kemarin dapat yang sama kayak yang saya hapalin. 

Nah itu semua tips dan trick dari saya. Semoga membantu. Satu lagi sih, jangan malah dan cuma mengeluh. Itu ga menyelesaikan masalah. Sayang uang juga, 1 kali tes itu 1.150.000 loh. Bisa beli banyak baju di tanah abang hehe.

Jika postingan saya ini berguna, teman-teman boleh share untuk membantu teman-teman lainnya. 
Akhir kata, selamat belajar!

seeya.

Sekilas info : Bagi yang mau tau info lanjut tentang pernikahan Indonesia - Jerman, silahkan visit blog khusus untuk pernikahan Indonesia - Jerman disini

30 comments:

  1. OMG kak, bagus banget dan informatif untuk tipsnya.
    Danke schön

    ReplyDelete
  2. kurang lebih tipikalnya sama dengan saya yg moodian untuk belajar tapi harus mencoba tes dlm 2 bln kedepan,,, tips dan trik yg bermanfaat sekali, semoga saya bisa ikutin hehehe
    danke kk

    ReplyDelete
  3. Maaf, Sekali test berapa , Maksud nya 11 jutaan atau 1 jutaan ya
    .. Terimakasih untuk info nya

    ReplyDelete
  4. Hallo ka. Aku mau banyak nanya niiii. Boleh?

    ReplyDelete
  5. Hallo, boleh tau email address nya? Danke.

    ReplyDelete
  6. Makasiihh banget kak tips nya.. aku juga ada rencana mau ujian Bahasa Jerman dan mau ikut les dulu ^_^

    ReplyDelete
  7. Pengumuman hasilnya berapa lama ya kak ?

    ReplyDelete
  8. I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to undertand. Unlike additional blogs I have read which are really not tht good. I also found your posts very interesting. In fact after reading. I had to go show it to my friend and he ejoyed it as well! A1 sign holder

    ReplyDelete
  9. kalau mau ikut ujian data apa saja yang harus disiapkan ya kak?

    ReplyDelete
  10. Dankeschön vor deine Auskunft😁😳

    ReplyDelete
  11. Hallo kak, aku boleh email kakak kah? Mau nanya banyak ttng belajar bahasa jerman

    ReplyDelete
  12. Danke schön
    Minggu depan aku mulai kursus nih di goethe bandung share IG dong kak siapa tau bisa nanya nanya

    ReplyDelete
  13. Halo schwester. Hehe sudah pas blm kk penulisan aku itu.? :)
    Kk aku boleh email kk kah? Atau lewat ig atau whatsapp? Banyak yg mau aku tanya2 sama kk.
    Aku kebingungan mengenai belajr bhs jerman ini. Gitu lihat postingan kk aku merasa ada harapan lagi... hehhe
    Betapa beruntungnya aku jika kk mau ngerespon aku.
    Danke schön schwester :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan mau join Exam ?
      Belajar bareng yu

      Delete
    2. Apa ada yg minat untuk belajar bareng A1 November ini?

      Delete
  14. danke fürs teilen, ist es möglich, dass ich an der Prüfung teilnehme, aber niemals zum Kurs komme?

    ReplyDelete
  15. Such a great explamnation. Thx so much kak. Ne success

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Good info! Very interesting. The current news about windows from oak timber. See in that place. Home design messages

    ReplyDelete
  18. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  19. Wahhhh .. terima kasih banyak kak :-D....
    aku juga lagi dalam fase pembelajaran bahasa jerman ni...
    terima kasih banyak kak untuk semua penjelasannya diatas...
    artikel ini menurutku sangat lengkap, karena menyediakan berbagai info mengenai bahasa jerman bahkan linknya pun kakak bagi, wahhh mantap banget dahh kalau begini...

    salam hormat kak :-D....

    oia kak ijin sebelumnya, ade boleh kan nanti suatu saat bertanya ke kakak jika ada yang belum ade pahami dalam pembelajaran bahasa jermannya....

    oke kak trima kasih jika sudah mau merespon .

    Jesus Bless U :-)

    ReplyDelete
  20. Доброе утро! Гляньте на путеводитель современных медицинских средств. В справочное издание включены сведения о не менее чем семистах применяемых медикаментозных препаратах, изготавливаемых российскими и иностранными фармкомпаниями. О каждом медицинском препарате имеется исчерпывающая инфа: состав и форма выпуска, лечебные свойства, показания к применению, правила применения, противопоказания, вероятные побочные эффекты, взаимодействие с алкоголем и взаимодействие иными медицинскими средствами, а также способность употребления при беременности, грудном вскармливании. В справочник включен тематический указатель, где представлена инфа о том, какое медикаментозное средство следует назначать при тех или иных состояниях, синдромах, заболеваниях. Справочник расположено на медицинском сайте. Выздоравливайте!

    ReplyDelete
  21. Раздвижные окна и двери, иначе называемые PSK-порталом, монтируются специально для экономии свободного, незаполненного пространства. Нормальные варианты окон и дверей раскрываются вовнутрь дома, что занимает довольно большую часть места в комнате. Нынешние конструкции дают возможность избегнуть этой трудности, усилить световой и воздушный поток в здании.
    Подъемно-сдвижной портал – это системы, кои обладают очень большой площадью остекления. Для гарантии способности открывания створок устанавливаются нижние и верхние полозья, посредством которых створка бесшумно и легко движется.
    Движение осуществляется с помощью ходовых роликов, которые имеют в своем составе опору в качестве компонентов армирования, дающим возможность весьма равномерно распределять массу по по всей двери. Они позволяют створке двери передвигаться во всевозможных режимах (сдвига, наклона).
    Высота окна или двери достигает 2,36 метра, а ширина окна имеет возможность меняться от 0,67 метра до 160 см. С учетом общего веса (может составлять от 100 кг до 200 кг), на раздвижное окно устанавливается определенная фурнитура в целях гарантии надежного открывания - закрывания створок, продления срока использования. Ширина свободного проема имеет возможность достигать 2000 мм.
    Наклонно-сдвижные порталы обладают хорошими герметичными свойствами, хорошими показателями звуко-, термоизоляции, имеют существенный уровень противовзломности, замечательно подходят для всех вариантов нынешних профилей. При сборке используют опоясывающие щеточные уплотнители, которые ощутимо оптимизируют работу створок.
    В случае, когда вы хотите оформить большой загородный дом, балкон, городскую квартиру или лоджию согласно модным тенденциям в дизайне, то компания СВ Окна сделает и установит параллельно-раздвижные окна и двери.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Makasi kak,,,, blog nya sangat membantu saya yang baru mulai belajar bahasa jerman

    ReplyDelete