Angelica Chrestella






Posted on: Saturday, January 11, 2014 @ 8:58 AM | 6 comment(s)
Sastra Inggris dan Gue Part 2

Hai kamu-kamu yang disana. Maaf banget gue vacuum lama banget dari blog ini. Sebenernya banyak banget yang pengen gue tulis tapi karena banyak hal gak penting lainnya akhirnya ketunda terus. Ehh.. pas udah niat mau nulis baru sadar deh sekarang udah beda tahun, tapi gapapa… semoga ada tulisan gue ini belum kadaluarsa.

Okay fellas, hari ini gue kembali membahas Sastra Inggris dan Gue Part DUAAAAAA...
Mungkin ada beberapa orang yang penasaran tentang kelanjutannya, mungkin juga ada yang tidak, tapi mari kita semua asumsikan bahwa semua pada penasaran *timpuk aja pake emas 3 kg*

Diawal tahun 2014 ini gue bakalan resmi memasuki semester 4. Ga terasa banget, berarti gue udah hamper genap dua tahun bermesraan dengan jurusan ini.
Sebelum gue mulai cerita panjang lebar, mungkin gue kasih sedikit pencerahan dulu (ciaaaahh lu kira lu M*rio teg*h,njel)

Masuk Sastra Inggris itu susah ga sih?
Mungkin banyak yang bertanya demikian.  Oke sebelum gue menjawab, gue pengen balikin dulu pertanyaannya : Lu maunya masuk jurusan yang gampang, gitu?
Gini sob, kalo bicara tentang ilmu itu ga akan pernah ada abisnya. Istilah sederhananya nih, kalo lu anggap sesuatu itu udah gampang dan lu bisa, ngapain l uterus berkutat disana? Bukankah lebih baik kalau mencari hal baru yang lebih menantang? Dengan demikian ilmu yang lu punya juga ilmu yang baru, bukan itu itu aja.
Mungkin beberapa orang beranggapan kalau mengerjakan sesuatu yang sudah kita pahami bakalan mendapat hasil yang maksimal, itu benar kok, tapi menurut gue itu lebih pantas diterapkan ke ilmu praktek ( seperti : keahlian masak, lukis, music, dll ) Untuk bidang ilmu non praktek sepertinya lebih baik kita terus mencari ilmu-ilmu yang baru dan menantang.

Ohh terus berarti susah dong?
Gue ga bilang sih kalau Sastra Inggris itu susah. Mungkin banyak yang ngira sastra itu ilmu mati, tapi sebenernya sastra (sastra apa aja) itu adalah ilmu yang hidup yang berkembang setiap harinya. Seperti yang kita tahu, perkembangan bahasa itu sangat cepat. Salah satunya adalah bahasa alay. Mungkin beberapa tahun kedepan bakalan dibuka jurusan baru : SASTRA ALAY.
Ohh maaf, ini menyimpang. Lanjuuuuttt…
Susah atau engganya itu relative, bukan relative karena ada orang pinter dan orang yang ga pinter. Bukan! Itu salah besar. Sob, didunia ini ga ada yang namanay orang bodoh, yang ada itu orang malas yang gamau berusaha dan ujung-ujungnya Cuma menyalahkan situasi.
Asalkan lu niat dan pengen terus belajar, gue jamin dan lu pasti bisa survive!

Sastra Inggris itu ngapain aja sih?
Ohh banyak. Biasa kita ngepel, cuci baju bareng, masak, arisan, ngangkat gallon *plaaaak*
Sebenernya di Sastra Inggris itu mempelajari 4 hal utama : Listening, Speaking, Reading, dan Writing

Kelihatannya emang mudah ya, tapi sebenarnya……… tenang emang mudah kok. Hahaha. Mudah tapi ada syaratnya, syaratnya ya mau berusaha belajar terus. Mau belajar terus itu maksudnya bukan tiap hari tiap jam tiap menit belajaaar muluk, bukan bukan… itu mah namanya ‘cah selo’ Belajar terus itu maksudnya ga menutup diri terhadap ilmu-ilmu baru lainnya.
Okay FYI aja sekarang gue baru bangun tidur dan tiba2 kesambet pengen nulis ini tapi sekarang kayaknya gue mulai laper dan gue harus mandi dulu baru boleh sarapan karena itu aturan nyokap gue dan gue ga tau kenapa gue sekarang jadi curhat sama kalian… Hmm..
Untuk penutup gue mau kasih tips-tips kecil yang mudah-mudahan bisa ngebantu kalian dalam peningkatan 4 skill utama yang digunakan di Sastra Inggris. 


Listening
Banyak banget cara untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris kita. Seperti yang mungkin sobat-sobat udah ketahui, kita bisa mendengarkan lagu barat dan juga nonton film barat.

-          Dengerin musik-musik barat
Gue yakin pasti banyak diantara sobat-sobat sekalian yang suka sama music, naaaah ini bisa jadi cara ampuh buat melatih skill kalian.
Caranya?
Cobain deh denger lagu  yang berlirik bahasa inggris, tapi jangan cari dulu liriknya. Cobain dengerin berkali-kali sampe paham maksud dari lagu tersebut dan kalau bisa sampe lu tau liriknya dalam bahasa inggrisnya. Setelah yakin baru deh coba cari lirik yang bener, terus dicocokin.

-          Nonton film barat
Buat yang ga terlalu seneng sama music, tenang masih ada alternative lain : NONTON.
Disini cari deh film-film barat lalu dikasih subtitle English. Jadi sambil orangnya ngomong kita bisa sambil ngikutin. Emang sih cara ini agak annoying kalau kita nonton filmnya bareng-bareng sama temen. Ntar malah ditimpuk.
Selain itu, kita juga dapat phrase dan vocab baru. Biasa kan bahasa yang digunakan di film-film itu bahasa sehari-hari dan kadang ada bahasa slang juga. Yaa lumayan lah biar bisa kayak anak-anak gaul di sono #halah


Speaking

Nah ilmu yang kita dapat untuk listening itu juga bisa diterapkan untuk speaking. Kunci utama dari speaking ini adalah ketepatan pronunciation. Bahasa Inggris itu sama kayak bahasa yang lainnya, salah ucap dikit mungkin aja mempunyai arti yang berbeda.

-          Latihan ngomong sama bule
Hal utama agar tips ini berlaku adalah : “CARI BULE NYA”
Kalau sobat sekalian tinggal di kota-kota pariwisata kayak gue mungkin gampang nyari bule-bule yang berkeliaran, tapi kalau buat sobat-sobat yang tinggal di kota non pariwisata mungkin agak susah. Tapi jangan khawatir dulu…
Cara cepat cari bule adalah dengan situs-situs chatting. Disana kan banyak orang-orang asing. Walaupun ga ketemu bule tapi gapapa lah lumayan kalau ketemu orang non-Indonesia. Bisa sama-sama belajar ngomong bahasa.

-          Latihan ngomong sama temen
Cara ini juga cukup membantu soalnya kan tiap hari pasti kita ngobrol sama temen. Cari deh temen yang mau diajak sama-sama belajar. Awalnya emang agak kikuk atau agak aneh dilidah, maklum mother tongue emang sering ngikut.
Lama-kelamaan pasti terbiasa kok, malahan nih ya kalau ngobrol sama temen pake bahasa asing misalnya bahasa Inggris itu bisa membantu kita berpikir rasional.
Penelitian membuktikan kalau kita marah dengan bahasa asing, otak akan berpikir lebih rasional.

Reading
Nah gue tau mendengar kata reading aja pasti udah ada sobat-sobat sekalian yang udah pada males. Sama kok, gue juga. Apalagi kalau dihadapkan dengan buku tebel bahasa Inggris semua isinya, ga ada gambar lagi T____T
Tapi sebagai anak sastra inggris gue mau ga mau mesti baca, kalau kagak baca ya kagak lulus.

-          Baca intruksi berbahasa Inggris di kemasan-kemasan produk sehari-hari
Gue yakin sebagian dari kita pasti sering nya baca intruksi bahasa Indonesia, nah gimana kalau dibalik jadi pake bahasa Inggris. Kalau ga ngerti artinya kan bisa lihat di intruksi bahasa Indonesianya. Ini hal kecil yang bisa berdampak gede.

-          Baca cerita, novel, Koran berbahasa Inggris
Bagi yang pengen lebih menantang ini bisa nih di pake. Coba cari cerita yang berbahasa Inggris. Mungkin pertama emang sulit karena banyak vocab yang ga kita ngerti tapi gapapa, lama kelamaan juga terbiasa kok. Buktinya sobat sekalian bisa ngebaca buku bahasa Indonesia dengan cepat, pastinya buku bahasa Inggris juga bisa dong?

Writing

Selain ketiga skill diatas, ada juga nih yang ga kalah penting, writing. Kemampuan menulis juga harus ditingkatkan dan ini berguna banget untuk kepentingan-kepentingan penting nantinya.

-          Chatting
Tips pertama yang paling gampang. Kita bisa melatih kemampuan menulis kita di situs-situs chatting misalnya gue kasih tau deh : Omegle
Otak kita pasti akan dipaksa berpikir untuk membentuk kalimat-kalimat sederhana misalnya, How are you?
Ingat, semakin sering latihan,semakin terbiasa

-          Nulis cerita bahasa Inggris
Nah ini juga ampuh banget. Bodoh amat kalau ada grammar yang salah, yang penting nulis dulu, jadi, baru deh cek dan ricek. Gue saranin kalau mau nulis cerita bahasa Inggris itu enakan di ms.word soalnya kan di ms word itu bisa cek spelling & grammar jadi kalau ada spelling yang salah ntar ada garis merahnya, kalau untuk grammar di ms word ini ga terlalu bagus soalnya kadang sering ga kebaca.


Oke deh sobat-sobat sekalian, kayaknya segitu dulu dari gue, semua yang gue tulis itu berdasarkan dari pengalaman pribadi gue sendiri. Maaf kalau ada salah-salah kata atau ada kalimat yang menyinggung, mungkin saya khilaf. Maaf juga kalau ada typo soalnya gue nulisnya di ms.word ayng kadang suka merubah2 kata dan keadaan gue sekarang baru bangun tidur. #halah

Labels:

Back to top


Copyright © 2017. All writings are originally written by Angelica Chrestella.