Ini AIR kita! Bukan aku, dia, dan mereka!

by - December 22, 2011

Konservasi Sumber Daya Air di Mata Blogger






Diakhir tahun 2011 ini, saya sempat menemukan beberapa artikel yang menyatakan bahwa air masih menjadi sesuatu yang langka di beberapa daerah. Yang dimaksud air di artikel itu tentu saja air bersih yang layak digunakan, bukan sekedar air yang ada di got, air comberan, ataupun air bekas masak mie.
Saya sempat membaca di tempo bahwa masih ada 12 kabupaten yang masih kekurangan air bersih. Terutama pada musim kemarau yang tentu saja sangat membahayakan. Teriknya matahari bahkan bisa membakar rantin-rantik tua yang ada dihutan dan dapat menimbulkan kebakaran. Dan bagaimana bisa kita memadamkan api tanpa air. Apakah dengan pasir? Memangnya aspal?


Tidak bisa dipungkiri bahwa air memang bagian penting didalam hidup kita. Mungkin beberapa anak muda pernah berkata pada pacarnya :
Sayang. kamu itu segala-galanya bagi aku. Kamu itu yang paling penting dalam hidup aku! Aku tidak memerlukan apapun lagi selain kamu.
Gila! Tuh orang pasti khilaf! Bayangkan jika dia hidup bersama pacarnya tanpa minum, tanpa makan, tanpa oksigen, tanpa makan. Berapa lama dia bisa bertahan?
Makan tuh cinta!

Oke balik lagi ke topik utama, saya sempat terharu melihat iklan aqua mengenai bantuan sarana air bersih di papua. Berapa banyak saudara kita yang ada dipapua sana yang sangat bersyukur dengan adanya bantuan itu... Berapa banyak anak-anak yang terselamatkan... Itu semua pasti membawa kebahagiaan tersendiri bagi pihak yang sudah memberikan bantuan.

Berdasarkan fakta yang ada kandungan air yang ada di dalam tubuh kita ini berkisar 70-80%. Sudah sangat jelas bahwa air benar-benar sangat berpengaruh baik di dalam lingkungan sehari-hari maupun tubuh kita sendiri.
Secara umum konsumsi air per orang minimal 1,5-2 liter per hari. Jika anda ingin minum 3 liter itu terserah anda. Jika anda ingin minum sampai 10 liter sehari, alangkah baiknya anda memikirkan saudara-saudara kita yang sekarang sedang mengemis-ngemis untuk mendapatkan setetes air. Minum air terlalu banyak juga akan menimbulkan dampak buruk seperti gangguan keseimbangan elektrolit sehingga tubuh tidak berfungsi dengan baik dan dapat berakibat fatal.
Kenapa kita disarankan minum air setiap hari? Itu semua karena tubuh kita tidak bisa memproduksi air sendiri secara memadai lewat metabolisme yakni hanya 20% saja.
Jika kandungan air dalam tubuh menurun maka tubuh akan mudah terserang virus.

Air bersih tentu saja tidak bisa digantikan oleh peran minuman lain seperti kopi, teh, ataupun sirup.
Ciri-ciri air bersih layak minum adalah tidak berwarna, berbau, dan berwarna. Tidak mengandung zat-zat berbahaya dan memiliki pH normal antara 6-8.

Waktu saya smp, guru saya sempat memberika praktikum untuk meneliti pH air yang ada di sekitar kita. Yang masih saya ingat saya meneliti air hujan dan air ledeng. Ternyata pHnya masih berkisar 6-8 dan itu artinya masih layak pakai. Saya bersyukur sekali kalau didaerah saya ini (pontianak) masih belum terlalu tercemar seperti yang ada di berita-berita.

Banyak sekali kasus bahwa sumber mata air tercemar oleh zat-zat berbahaya. Dan juga tak jarang kasus warga yang keracunan akibat air sumur yang tercemar. Berita tersebut benar-benar sangat menusuk bagi saya. Saya tidak tahu apakah kalian juga merasakan hal yang sama?

Dan beberapa tahun yang lalu terdengar kabar bahwa sungai kapuas yang ada di daerah saya (pontianak) tercemar oleh limbah berupa merkuri yang tentu saja sangat berbahaya.
Mendengar kabar seperti itu saya mengutuk keras pihak-pihak yang harusnya bertanggung jawab dengan kejadian itu. Makhluk apakah yang tega-teganya membuang limbah ke sungai yang SELALU menjadi sumber kehidupan masyarakat? 

Saya akan sedikit membahas tentang masalah ini.

Merkuri merupakan golongan logam berat yang sangat jarang dalam kerak bumi dan relatif terkonsentrasi pada beberapa daerah vulkanik dan endapan-endapan mineral biji dari logam berat.
Tapi saya mempunyai definisi tersendiri bagi merkuri.
Merkuri adalah kumpulan dari hasil perbuatan makhluk yang tidak lagi pantas dianggap manusia yang tidak bermoral  yang bekerja meraup keuntungan sendiri tanpa melihat pengaruh bagi masyarakat setempat.

Mungkin definisi dari saya lebih mudah dipahami bukan?
Saya sempat mencari data yang dapat menopang penulisan saya ini. Berdasarka situs ini dinyatakan secara jelas bahwa sungai kapuas itu sudah T E R C E M A R.
Satu lagi sumber mata air mulai dipunahkan oleh perbuatan manusia sendiri.
Situs itu menyatakan bahwa sungai kapuas tidak hanya tercemar oleh merkuri tetapi juga limbah pabrik, bakteri colli, dan juga indikasi tercemar pestisida dari perkebunan.
Dan hasil penelitian pertengahan tahun 2008 menyatakan bahwa merkuri yang terkandung mencapai 0,4 pbb (parts per billion) 4 kali diambang batas normal! SUPER SEKALI BUKAN?!
Dan faktanya itu terjadi di pertengahan tahun 2008 dan sekarang sudah di akhir tahun 2011.
Hanya ada 2 kemungkinan yang terjadi.
1. Angka 0,4 itu akan terus naik mungkin 2 kali lipat atau 4 kali lipat dan seterusnya
2. Angka 0,4 itu terabaika



Peran-peran para blogger bagi Konservasi Sumber Daya Air terutama diri saya sendiri

Para blogger mempunyai peranan yang sangat mempengaruhi untuk mendukung konservasi-konservasi. Kenapa? Karena para blogger dapat selalu menginfokan kepada kaum awam tentang sumber-sumber mata air yang ada dan juga bentuk konservasi yang akan dilakukan melalui blognya. Blog ini jaringan yang sangat luas. Dengan blog, berapa banyak manusia yang terselamatkan nyawanya, dengan blog berapa banyak orang yang hidupnya terbantu. Blog bisa membawa dampak besar. Dampak positif maupun dampak negatif. Itu semua kembali lagi pada diri kita masing-masing.
Saya yakin dengan adanya kontes ini, banyak sekali blogger-blogger yang mengikutinya dan banyak info dan pemikiran yang terbagi secara luas.

Konservasi sumber daya air bagi saya sendiri merupakan suatu kebijakan yang sangat baik dalam melestarikan sumber daya air.
Mungkin jika kita mengikuti berita ataupun koran-koran mengenai kasus kekurangan air bersih. Ada komentar yang akan selalu ada disetiap kasus itu. Mau tau apa?

"Kami membutuhkan pasokan air bersih lagi"
"Air bersih yang diberikan tidak cukup!"

Saya sebenarnya tidak suka dengan pemikiran seperti itu. Saya tahu kalian sedang kesusahan. Saya tahu kalian membutuhkan air bersih. Tapi tidak bisakah kalian cuma mengeluh dan berharap?
Mulailah dengan membuat inovasi-inovasi kecil.

Ya saya tau sarana dan prasarana di desa-desa masih sangat kurang dan itulah peran para pemimpin untuk membantu menyediakannya.
Dan saya menemukan beberapa artikel di sini yang membuat inovasi berupa penggunaan air tanah sebagai solusi mengatasi krisis air bersih di desa. Ini merupakan ide yang sangat baik menurut saya sampai akhirnya saya menemukan kalimat yang membuat saya menarik ucapan saya sendiri.
Di artikel itu menjelaskan bahwa untuk mendapatkan air tanah mereka melakukan pegeboran sedalam 135 meter.

Saya juga akan mulai membantu gerakan konservasi sumber daya air melalui hal-hal yang kecil yang saya yakin jika seluruh masyarakat indonesia ikut melakukannya maka masalah air bersih dapat terselesaikan.
Saya akan menggunakan air sebaik mungkin. Jangan biarkan setetes airpun terbuang sia sia!
Pakailah air dengan sebaik-baiknnya.

Sebagai contoh... Ada sebuah villa yang memiliki kolam renang tapi tidak pernah dipakai karena villa itu hanya dikunjungi setahun sekali. Ironisnya air  kolam itu harus selalu diganti.
Tidak pernah digunakan tapi selalu dibersihkan! Bayangkan!

Kita tidak mungkin mengubah dunia jika tidak dimulai dari diri sendiri!



AngelicaChrestella
Pelajar SMA

You May Also Like

0 comments

Any urgent questions? Catch me, angchrs@gmail.com