Hallo semua, untuk kalian pemegang visa Nasional jerman , apakah kalian pernah merasa bingung, takut, dan belum tau apa yang harus dilakuka...

Apa yang harus dilakukan saat tiba di Jerman pertama kali dengan visa nasional?

Hallo semua, untuk kalian pemegang visa Nasional jerman, apakah kalian pernah merasa bingung, takut, dan belum tau apa yang harus dilakukan? Sama. Aku juga waktu pertama kali tiba di Jerman, rasa nya masih bingung total, masih banyak dokumen yang harus diurus tapi bingung harus mulai dari mana. Karena aku sudah melewati tahap itu, maka kali ini aku akan membagikannya kepada kalian. Semoga bisa membantu.
Info kali ini aku berikan untuk pemegang visa nasional untuk menikah ya. Buat teman-teman lain yang mempunyai visa nasional dengan tujuan lain mungkin juga bisa menyerap sedikit-sedikit. Cus mulai.

1. Melakukan registrasi diri atau Anmeldungsbestätigung
Ini penting banget dilakukan karena ada batas waktunya. Jika dalam 4 atau 5 minggu kalian lupa atau tidak melapor, nanti kalian bisa kena denda yang katanya mahal. Jadi jangan sampe lupa ya! Registrasi diri berlaku bagi semua orang pemegang visa nasional dengan tujuan apapun. Ini wajib.
Registrasi diri ini harus dilakukan sebelum kalian melakukan pendaftaran resident permit atau Aufenthaltstitel di Ausländerbehörde (ABH). Nama nya juga registrasi diri, jadi tujuan dari Anmeldungbestätigung adalah untuk melaporkan diri bahwa kita akan tinggal di kota yang bersangkutan. Nah nanti ketika kalian ingin pindah kota, kalian harus melakukan registrasi lagi. Jadi kantor di kota yang bersangkutan tau bahwa kalian berdomisili disana..

Dimana tempat untuk melakukan registrasi diri?
Bürgeramt/Einwohnermeldeamt/Landratsamt/Bezirkamt

Bagaimana cara melakukan registrasi diri?
Kalian harus mencari tau apakah kalian harus membuat janji terlebih dahulu ataukah bisa langsung mendaftar. Untuk aku, di kota Nürnberg, bisa langsung datang tanpa janji, tapi ngantri sekitar 1 jam.
Jadi nanti kalian datang ke kantornya, terus mengantri dan menunggu nomor antrian sampai nomor kalian tiba.

Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan?
1. Paspor asli
2. Mietvertrag atau Kontrak Sewa apartemen. Untuk kalian yang akan menikah seperti aku, nanti kalian bisa datang bersama calon suami kalian, dan nanti calon suami kalian akan mengisi formulir menyatakan bahwa kalian itu tinggal bersama dia. Jadi istilahnya dia itu sebagai tuan tanahnya kalian.
3. Form registrasi yang bisa di download di website masing-masing kota
4. Paspor calon suami kalian
5. Untuk jaga-jaga aku selalu bawa semua dokumenku di dalam satu folder, jadi setiap kali aku berurusan dengan kantor administratif aku selalu bawa itu. Isinya lengkap mulai dari akta lahir, sampe dokumen-dokumen lainnya.

Berapa biayanya?
Waktu lalu aku melakukan registrasi diri, aku tidak diminta biaya apapun alias gratis. Aku ga tau apakah karena aku menggunakan visa untuk menikah dengan wn jerman apakan memang untuk registrasi ini memang gratis

Apa kegunaan dari Meldebestätigung?
Ini berfungsi sebagai bukti alamat tinggal kalian. Jadi ini bisa digunakan untuk lapor diri, daftar pemilihan presiden di kbri, daftar akun bank, dll.

Bagaimana bentuk dari Meldebestätigung?

2. Lapor diri di KJRI
Warga Negara Indonesia (WNI) yang pindah dan menetap di luar negeri wajib mendaftarkan diri kepada Perwakilan Republik Indonesia yang berada di wilayah tempat tinggalnya dalam 30 hari sejak waktu kedatangan. WNI yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada Perwakilan Republik Indonesia di negara setempat.

Hal ini berarti setiap WNI yang berada di Jerman, baik itu untuk tujuan menetap, bekerja, belajar, kuliah, atau wisata/jalan-jalan/singgah sementara, diharapkan memiliki kesadaran untuk segera mencatatkan dirinya ke Perwakilan Indonesia terdekat. Melalui registrasi diri ini, Perwakilan Indonesia dapat memberikan pelayanan dokumen konsuler/imigrasi atau bantuan kepada anda bila dibutuhkan. Informasikan pula kepada Perwakilan tempat anda terdaftar bila anda pindah alamat, pindah ke Negara lain, atau pindah ke Indonesia.

Dimana tempat untuk melakukan lapor diri?
Sekarang lapor diri dilakukan secara online melalui website https://lapordirijerman.de/

Bagaimana prosedur melakukan lapor diri?
1. Lapor diri harus dilakukan secara online. Silahkan klik di sini untuk LAPOR DIRI ONLINE.
2. Untuk kelancaran proses lapor diri, mohon mengunggah semua persyaratan dokumen yang diperlukan.
3. Bila Lapor Diri Online sudah berhasil, Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui E-Mail
4. Print konfirmasi yang telah Anda dapatkan.
5. Kirimkan bukti konfirmasi beserta paspor asli Anda dengan disertai amplop tertuliskan alamat anda dan perangko balasan (minimal 3,60 €) ke KJRI yang bersangkutan.
6. Bila Anda ingin memperpanjang paspor, maka bukti konfirmasi lapor diri dapat dikirimkan bersama dengan persyaratan dokumen untuk memperpanjang paspor dalam satu amplop.

Perwakilan Republik Indonesia di Republik Federal Jerman terdiri dari 3 kantor yang masing-masing memiliki wilayah kerja sebagai berikut:


1. KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA – BERLIN

Website : https://www.kemlu.go.id/berlin/lc/default.aspx
Wilayah kerja ​:
Berlin – Brandenburg – Mecklenburg-Vorpommern – Sachsen – Sachsen-Anhalt – Thüringen

2. KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA – FRANKFURT AM MAIN

Website : http://www.indonesia-frankfurt.de/?lang=de
Wilayah kerja :
Baden-Württemberg – Bayern – Hessen – Nordrhein-Westfalen – Rheinland-Pfalz – Saarland

3. KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA – HAMBURG

Website : https://www.kemlu.go.id/hamburg/id/default.aspx
Wilayah kerja :
Bremen – Hamburg – Niedersachsen – Schleswig-Holstein

Sumber : Website Layanan Konsuler dan Website Kemenlu

Bagaimana bentuk dari Lapor Diri?


3. Mendaftar untuk Izin tinggal atau Aufenthaltstitel

Visa Nasional kita hanya berlaku 3 bulan, dan sebelum itu selesai, kita harus mengurus yang namanya Aufenthaltstitel atau izin tinggal agar kita bisa melanjutkan tinggal di jerman dan tidak di deportasi. Proses ini dilakukan ketika kita sudah memenuhi syarat. Misalnya aku mendapat visa dengan tujuan menikah, jadi aku harus menikah dulu  baru bisa mendapatkan izin tinggal.

Ada dua jenis dari Aufenthaltstitel atau izin tinggal di Jerman :
1. Aufenthaltserlaubnis : Ini adalah resident permit atau izin tinggal terbatas yang berlaku 1 tahun atau 3 tahun. Kita yang pertama kali datang ker Jerman akan mendapat izin tinggal ini dulu. Nah untuk izin tinggal tipe ini kita juga harus liat apakah kita boleh bekerja atau tidak, terutama bagi para pelajar, biasanya ada ketentuan jam kerja ya.
2.  Niederlassungserlaubnis : Ini adalah settlement permit, atau izin tinggal unlimited. Ini diberikan kalau kita sudah tinggal di Jerman minimal 3 tahun beserta persyaratan lainnya. Biasanya memerlukan sertifikat B1 dan lulus integration course.

Dimana tempat untuk mendapatkan izin tinggal?
Ausländerbehörde (ABH)

Bagaimana cara mendapatkan izin tinggal?
Kalian harus mencari tau apakah kalian harus membuat janji terlebih dahulu ataukah bisa langsung mendaftar. Kalau aku, kota Nürnberg, aku harus melakukan pendaftaran secara online dulu, kemudian menunggu sampai mereka mengirimkan surat undangan untuk datang ke kantor mereka.

Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan?
1. Formulir pendaftaran
2. Paspor kamu asli
3. Paspor suami asli (untuk yang visa family reunion)
4. Meldebestätigung atau bukti registrasi diri
5. Eheurkunde atau akta nikah
6. Foto Biometrik 1 lembar
7. Asuransi Kesehatan
8. Bukti sertifikat, kalau ada B1 lebih baik

Semua dokumen ada baiknya di siapkan copyannya juga.

Berapa biayanya?
100 eur untuk dewasa dan 75 eur untuk anak-anak dibawah 18 tahun

Bagaimana bentuk dari Aufenthaltstitel?
Berhubung izin tinggal baru didapat hingga 6 minggu dari submit dokumen, jadi aku pake foto dari google dulu ya.
Bagaimana kalau masa berlaku visa sudah habis namun panggilan untuk Aufenthalstitel masih belum ada? Seperti kasusku, visaku berlaku sampai 12 September namun panggilan dari ABH baru bulan Oktober. Jadi harus bagaimana?
Biasa ABH akan mengirimkan surat untuk membuat fiktionbescheinigung. Jadi jangan khawatir. 

Nah itu dia 3 hal penting yang harus dilakukan jika ingin menetap di Jerman. Semoga info kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua ya.

seeya.


Sekilas info : Bagi yang mau tau info lanjut tentang pernikahan Indonesia - Jerman, silahkan visit blog khusus untuk pernikahan Indonesia - Jerman disini

3 comments:

  1. Hallo Angel,

    Salam kenal ya. Sy mau tny, pada saat mengurus Aufenthaltstitel, apa perlu penterjemah? Karena ABH tmpt tinggal sy mengatakan perlu penterjemah, apa ada semacam interview bgtu ya? Terimakasih sebelumnya.

    Salam

    Debbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, pengalaman saya, ga ada wawancara sih. cuma lebih baik datang dengan orang yang bisa bahasa jerman. Kemarin itu saya bisa nangkep apa yang mereka bilang, cuma utk menyampaikan masih belepotan. Jadi saya dateng sama suami, sebagai penerjemah dadakan.

      Delete
  2. Hallo, kak mau tanya kalo Visa Nasional itu biasanya berlakunya berapa lama ya? Vielen Dank Ich warte auf Ihre Antwort.

    ReplyDelete